ABSTRAK Penelitian ini berupaya melihat kemampuan siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menentukan struktur teks cerita biografi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menentukan struktur teks cerita biografi, dan (2) bagaimana kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menemukan ciri informasi teks cerita biografi. Secara khusus penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menentukan struktur teks cerita biografi, dan (2) mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menemukan ciri informasi dari masing-masing struktur teks cerita biografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 142 orang siswa yang tersebar ke dalam 6 kelas. Sampel yang diambil berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengambilan data dilakukan secara acak, tiap kelas diambil sampel 4 atau 5 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menentukan struktur teks cerita biografi adalah 66. Nilai tersebut berada dalam kategori cukup yang berada pada rentang nilai 56-69 (Depdiknas, 2006:57). Dengan demikian, Kemampuan rata-rata siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menentukan struktur teks cerita biografi dikategorikan cukup. Namun, bila dinilai dari masing-masing aspek dalam menentukan struktur teks cerita biografi siswa memperoleh nilai 68, dan dalam menemukan ciri informasi siswa memperoleh nilai 62. Menurut klasifikasi yang diterbitkan Depdiknas (2006:57) nilai 68 dan 62 berada pada rentang nilai 56-69. Ini berada pada kategori cukup.Kata kunci: Kemampuan, teks, cerita biografi. ABSTRACT This study seeks to look at the ability of class VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh determine the structure of the story text biography. The research problems are (1) how the ability of class VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh determine the structure of the story text biographies, and (2) how the ability of class VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh find characteristic information biographical story text. In particular this study aims to (1) determine the ability of class VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh determine the structure of the text narrative biography, and (2) determine the ability of class VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh find characteristic information of each text structures story biografy. The method used in this reseach is descriptive-quantitative. The study population was all class VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh the school year 2015/2016 which amounts to 142 the students spread into 6 classes. Samples were taken totaling 29 students. Techniques of data retrieval is done randomly, each class taken 4 or 5 students. The results showed that the average ability of class VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh determine the structure of the story text biography is 66. These values are in enough categories that are in the range of values 56-69 (MONE, 2006:57). Therefore, the ability of the average class VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh determine the structure of the story text biography categorized enough. However, when jugged from each aspect in determining the structure of the story text biographies of students gain value of 68, and in finding the characteristics of the information students gain value 62. According to the classification published Ministry of Education (2006:57) grades 68 and 62 are in the value range 56-69. This is the category enough.Keywords: Capability, text, narrative biography
Copyrights © 2017