JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 3 (2017): Jurnal PBSI Juli 2017

PENGGUNAAN METODE PRACTICE-REHEARSAL-PAIRS DALAM MENYUSUN PETUNJUK MELAKUKAN SESUATU OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 1 UNGGUL SUKAMAKMU

Siti Novia (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)
Saifuddin Mahmud (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)
Rostina Taib (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Karakteristik Bahasa Guru dalam Interaksi Belajar-Mengajar Bahasa Indonesia di SMA Islam Al Falah Aceh Besar “mengkaji tentang (1) kalimat yang mendominasi bahasa guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa Indonesia di SMA Islam Al Falah Aceh Besar, (2) kalimat tanya yang digunakan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa Indonesia di SMA Islam Al Falah Aceh Besar, dan (3) kalimat imperatif yang digunakan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa Indonesia di SMA Islam Al Falah Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian kelas (classroom research). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan data dianalisis dengan analisis kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas X dan XI SMA Islam Al Falah Aceh Besar berjumlah dua orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan dilanjutkan dengan teknik rekam dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kalimat yang mendominasi bahasa guru ketika berinteraksi dengan siswa di kelas adalah kalimat berita, (2) kalimat tanya yang digunakan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa Indonesia didominasi oleh kalimat tanya biasa (3) kalimat imperatif yang sering digunakan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa Indonesia adalah kalimat imperatif biasa.Kata kunci: Karakteristik bahasa guru, interaksi belajar-mengajar. ABSTRACT The study entitled "The Characteristics of Language Teachers in Interaction of Learning-Teaching Indonesian Language in SMA Islam Al Falah Aceh Besar" examines the (1) sentences that dominate the language of teachers in the interaction of Indonesian language teaching and learning in SMA Islam Al Falah Aceh Besar, (2) sentences used by teachers in the interaction of Indonesian language teaching and learning in SMA Islam Al Falah Aceh Besar, and (3) imperative sentences used by teachers in the interaction of Indonesian language teaching and learning in SMA Islam Al Falah Aceh Besar. The approach used in this study is a qualitative approach in the form of classroom research (classroom research). The type of research used is descriptive and the data is analyzed by qualitative analysis. The source of this research data is teachers who teach in class X and XI SMA Islam Al Falah Aceh Besar amounted to two people. The data was collected by technique and followed by recording and record technique. The result of the research shows that (1) the sentence that dominates the language of the teacher when interacting with the students in the class is the news sentence, (2) the sentence used by the teacher in the interaction of Indonesian teaching and learning is dominated by regular (31) imperative sentences teachers in the interaction of Indonesian teaching and learning is a regular imperative sentence.Keywords: Characteristics of teacher language, teaching-learning interaction

Copyrights © 2022