J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)
Vol 2, No 2 (2017): J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)

Pemahaman Hakikat Sains dan Inkuiri Ilmiah Calon Guru Kimia

Iffatul Muna (Jurusan Kimia FMIPA UM)
Sri Rahayu (Jurusan Kimia FMIPA UM)
Siti Marfu’ah (Jurusan Kimia FMIPA UM)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Mewujudkan masyarakat berliterasi sains adalah salah satu tujuan utama pendidikan sains, termasuk kimia. Pemahaman hakikat sains merupakan salah satu ciri yang diinginkan pada seseorang yang berliterasi sains. Pemahaman hakikat sains siswa sangat bergantung pada pemahaman hakikat sains guru. Guru harus memiliki pemahaman hakikat sains yang baik sekaligus cara membelajarkannya kepada siswa. Hakikat sains dapat dibelajarkan melalui pembelajaran berbasis inkuiri ilmiah. Calon guru kimia juga  harus memiliki pemahaman hakikat sains dan inkuiri ilmiah yang baik agar mampu menjadi guru kimia yang dapat membelajarkan hakikat sains melalui pembelajaran berbasis inkuiri ilmiah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan literasi sains siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

j-pek

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

J-PEK, Jurnal Pembelajaran Kimia (e-issn: 2579-5945; p-issn: 2528-6536) is published by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. The publishing frequency of the journal is two issues per year (June and December) and it welcomes articles (in English or in the Indonesian ...