Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 1 No 1 (2016): Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika Volume 01 Nomor 01, Juni 2016

KONSTRUKSI INSTRUMEN UNTUK MENGAKSES PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN FISIKA : EKSPLORATORI FAKTOR ANALISIS

Maison, Maison (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2016

Abstract

Makalah ini mendeskripsikan konstruksi instrumen, Kuesioner Persepsi Kurikulum Pendidikan Fisika (KPKPF), yang dapat digunakan untuk mengakses persepsi mahasiswa terhadap kurikulum Pendidikan Fisika.Studi ini didesain dalam dua fase untuk mengembangkan faktor-faktor awal dari instrumen dan melakukan analisis berupa eksploratori faktor analisis (EFA) untuk mengungkapkan inter-korelasi antar item, memperhalus dan mereduksi item atau indikator sehingga menghasilkan faktor-faktor yang koheren dalam empat kategori (AO, IP, AT, dan AL) berdasarkan pengujian terhadap 184 responden (mahasiswa) pendidikan fisika. Studi ini mempunyai nilai manfaat yang tinggi, karena menghasilkan alat yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data yang dapat dimanfaatkan untuk membantu dosen-dosen fisika memperbaiki sistem perkuliahannya, mengevaluasi kurikulum pendidikan fisika dan bagi peneliti merupakan bahan untuk riset lanjutan yang akan diolah dengan Konfirmatori (Confirmatory) Faktor Analisis (CFA) sehingga dihasilkan instrumen yang teruji dan terpercaya yang telah melewati semua tahapan dalam pengembangan dan validasi instrumen.   Kata kunci: mahasiswa, kurikulum pendidikan fisika, persepsi, eksploratori faktor analisis

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EDP

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Edufisika Journal is a forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods ...