Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktik dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi
Vol 23, No 2 (2018)

Strategi Pengembangan Taman Wisata Kum Kum Sebagai Wisata Edukasi Di Kota Palangkaraya

Evi Fitriana (Universitas PGRI Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Rendahnya perhatian pemerintah daerah dalam rangka pengembangan kepariwisataan menjadi latar belakang penelitian ini. Masalah yang muncul adalah strategi pengembangan taman wisata Kum Kum di Kota Palangka Raya masih belum jelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mendukung dan menghambat dalam pengembangan Taman Wisata Kum Kum, dan (2) menentukan strategi pengembangan kawasan wisata Taman Wisata Kum Kum yang terletak di Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat analisis SWOT (Strenghts, Weaknes, Opportunities, Threats). Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi serta wawancara dengan Dinas Pariwisata, Bappeda, camat, lurah, tokoh masyarakat, masyarakat dan pengunjung. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan strategi pengembangan taman wisata Kum Kum antara lain membangun sarana prasarana seperti alat angkut dan sarana akomodasi, membuat atraksi wisata dan promosi obyek wisata, mengembangkan produk wisata, serta melibatkan pemerintah dan swasta dalam pengelolaan wisata.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p094

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi published two times a year in January and June. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi provides scientific papers on Education and Geography both ...