JURNAL TIYUH LAMPUNG
Vol 1, No 2 NOV (2017): JURNAL TIYUH LAMPUNG

Model Time Token Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pendekatan Kontekstual untuk Berbicara Bahasa Daerah (Lampung)

Salmina Salmina (Unknown)
Bambang Setiyadi (Unknown)
Nurlaksana Eko Rusminto (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2018

Abstract

The purpose of this research is to develop learning model Time Token based on the local discernment in traditional games through contextual learning approach in increasing the Lampung language speaking ability. This learning model development of this research using the cycle by considering the reflection result in every implementation of learning. The data collection techniques used are observation and speaking ability test. Based on the research, the result of learning model Time Token based on the local discernment in traditional games through contextual learning approach was effective to increase the students speaking ability in the Lampung language. The result of the research showed that there was a significant increase of students speaking ability from pre-cycles, the first cycles until the second cycle in every aspect of assessment and the target of indicator reached about 80% for the good score category.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran time token berbasis kearifan lokal dalam bentuk permainan tradisional melalui pendekatan kontekstual dan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam berbahasa Lampung. Penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran yang uji efektifitasnya menggunakan siklus dengan mempertimbangkan hasil refleksi di setiap pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan test kemampuan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran time token berbasis kearifan lokal dalam bentuk permainan tradisional melalui pendekatan kontekstual efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam berbahasa Lampung, dibuktikan dengan adanya peningkatan penilaian kemampuan berbicara siswa dari pra siklus, siklus 1, hingga siklus II di setiap aspek penilaian, serta telah mencapai indikator yang direncanakan yakni terdapat 80% siswa mendapat kategori penilaian baik.Kata kunci: Kearifan lokal, kemampuan berbicara, kontekstual, time token.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JTL

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian ranah bahasa dan sastra daerah. Hasil penelitian tersebut berupa tesis atau karya tulis ilmiah yang lain. ...