Jurnal Manajemen & Supervisi Pendidikan
Vol 1, No 3 (2017): Vol. 1 No. 3 Juli 2017

HUBUNGAN MOTIVASI PEMBELAJARAN OLEH GURU KELAS TERHADAP NILAI RAPORT SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI

Sogi Hermanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) deskripsi motivasi pembelajaran oleh guru kelas, (2) deskripsi  nilai raport siswa, dan (3) hubungan antara motivasi pembelajaran oleh guru kelas terhadap nilai raport siswa. Populasi penelitian ini adalah guru kelas di 14 (empat belas) Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya sebanyak 84 orang yang ditarik sebagai sampel total. Populasi siswa sebanyak 2792 siswa, sampel diambil 15% dari populasi diperoleh 419 siswa, dan untuk mendapatkan sampel secara proposional dari masing kelas digunakan teknik proposional random sampling sehingga diperoleh sampel 84 siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) deskripsi motivasi  pembelajaran  oleh guru kelas di SDN yang tertinggi dalam kategori “Baik”,  (2) deskripsi Nilai Raport Siswa tertinggi dalam  kategori “Baik”, dan (3) ada korelasi positif yang signifikan antara motivasi pembelajaran oleh guru kelas terhadap Nilai Raport Siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v1i32017p245

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmsp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan [p-ISSN 2580-3417 | e-ISSN 2541-4429] was first published in 2016 by the Department of Educational Administration Faculty of Education State University of Malang. Published three times a year, March, July, and November. We accept research articles within ...