Abstract: The aims of this study is to describe: (1) development process of partnershipnetwork by applying strategy 7 Ps; and (2) the development process becomes an independentinstitution with partnership network. The research location is PAUD Handayani 4 BalikpapanEast Kalimantan. The research was conducted with qualitative approach. Collectiontechniques are interviews, participatory observations, and documentation methods. The datafrom the recording is transcribed and grouped and then analyzed using a flow model stage,which starts with data reduction, data presentation, and conclusion drawing and verification.The result of the research shows that 7 Ps (marketing mix) strategy implemented by PAUDHandayani 4 Balikpapan East Kalimantan can develop partnership network and make PAUDHandayani 4 Balikpapan East Kalimantan become independent PAUD.Keywords: 7 Ps strategy, partnership, independent institutionAbstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) proses pengembangan jejaringkemitraan dengan menerapkan strategi 7 Ps; dan (2) proses pengembangan menjadi lembagamandiri dengan jejaring kemitraan. Lokasi penelitian adalah PAUD Handayani 4 BalikpapanKalimantan Timur. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulanialah wawancara, pengamatan berperan serta, dan metode dokumentasi. Data dari hasilperekaman ditranskripsikan dan dikelompokkan kemudian dianalisis menggunakan tahapanmodel alir, yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan danverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi 7 Ps (marketing mix) yang diterapkanPAUD Handayani 4 Balikpapan Kalimantan Timur dapat mengembangkan jejaring kemitraandan menjadikan PAUD Handayani 4 Balikpapan Kalimantan Timur menjadi PAUD yangmandiri.Kata kunci: strategi 7 Ps, kemitraan, lembaga mandiri
Copyrights © 2017