Journal DaFIna - Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien
Vol 1, No 2 (2017)

Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop Up untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo

Rosyidiana Nurhayati (Universitas Negeri Malang)
Lilis Afifah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah dikembangkannya media buku pop up yang dapat mempermudah siswa dalam mempelajari dan memahami materi karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dari Sugiyono yang dimodifikasi oleh pengembang. Prosedur pengembangan dilakukan dalam tujuh tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba pemakaian, dan (7) revisi produk. Media ini telah melalui proses validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media ini juga telah diujicobakan kepada 15 siswa kelas XI IPS Lintas Minat bahasa Jerman di SMAN 1 Tarik. Data dikumpulkan dengan angket skala likert dan dianalisis secara deskriptif persentase. Berdasarkan data yang diperoleh, media buku pop up mendapat penilaian sebesar 96.25% dari ahli materi, 89,6% dari ahli media, dan 84,9% dari subjek uji coba. Rata-rata persentase dari data keseluruhan yang diperoleh adalah 91.75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku pop up telah layak digunakan sebagai media pembelajaran karya sastra bahasa Jerman di kelas XI.Kata Kunci: pengembangan, media buku pop up, pembelajaran karya sastra bahasa Jerman

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dafina

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Journal DaFIna : Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien is an electronic journal managed by the Department of German Literature at the State University of Malang which contains articles in both Indonesian and foreign languages. Articles contained in the form of analysis, study, application ...