Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan
Vol. 14 No. 1 (2018): Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan

Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Barokatul Qodiri Desa Tunjung Kecamatan Randu Agung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016

Saykhotin, Sayyidah (Unknown)
Suprapti, Suprapti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Memberikan motivasi belajar bagi siswa adalah merupakan profesi guru atau disebut juga dengan kinerja guru. Pada Kegiatan trannfer pengetahuan, motivasi sangat menentukan keberhasilan belajar peserta didik, agar dapat menerima stimulus yang dapat mendorong dirinya untuk menumbuh kembangkan minat, bakatnya dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, maka motivasi sangat penting sebagai modal pengembangan potensi internal dalam jiwa siswa, yang tidak kalah pentingnya dengan posisi guru sebagai upaya meningkatkan kinerjanya dalam menciptakan suasana yang kondusif di dalam kelas. Dengan hanya memiliki penguasaan pada bahan ajar saja seorang guru belumlah dapat benar-benar dikatakan menjadi sorang pendidik, tetapi seorang guru harus betul betul tahu nilai-nilai apa saja yang dapat di angkat dan dapat dihubungkan kedalam materi pelajaran yang akan diberikan kepada para peserta didik. Melalui materi pelajaran yang akan disajikan guru harus mampu mengangkat motivasi belajar yang dapat merangsang semangat dan aktifnya siswa belajar. Dari beberapa pendapat di atas maka penelitian ini berusaha mencari jawaban dari pertanyaan, Bagaimana Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Barokatul Qodiri Desa Tunjung Kecamatan Randu Agung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016?, Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan secara Umum Peran guru di Madrasah Ibtidaiyah Barokatul Qodiri Desa Tunjung Kecamatan Randu Agung Kabupaten Lumajang dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Barokatul Qodiri Desa Tunjung Kecamatan Randu Agung Kabupaten Lumajang melalui fungsi sebagai pengajar dan sebagai pendidik. Secara khusus Kesimpulan Khusus Pertama; Peran guru di Madrasah Ibtidaiyah Barokatul Qodiri Desa Tunjung Kecamatan Randu Agung Kabupaten Lumajang sebagai pengajar dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dilakukan melalui kemampuan menyampaikan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran. Kedua; Peran guru sebagai pendidik dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Barokatul Qodiri Desa Tunjung Kecamatan Randu Agung Kabupaten Lumajang berupaya menumbuhkan minat belajar siswa dengan cara menjadi motivator bagi siswa, menjadi fasilitator dan mejadi inspirator belajar. Kata kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

qodiri

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri Jember. Jurnal ini memuat kajian-kajian pendidikan, Sosial dan Keagamaan. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan April dan Agustus. ...