Volume 4 no 1, Maret 2016
Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN

PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( SMP)

WINATA, DEVI CATUR (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2017

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar lari sprint dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan penerapan Pendekatan bermain bagi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian  tindakan (Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 kota Kisaran. Penelitian ini dilakukan dengan enam kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan, siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan sesuai rencana dan Pendekatan pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran sprint 70 atau 60% siswa tuntas, dan 40% siswa yang tidak tuntas. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1, hasilnya rata-rata 80 atau 88% siswa tuntas dan 12,5% siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:(1) Dengan  Pendekatan bermain hasil belajar lari sprint meningkat, (2) Dengan penerapan Pendekatan bermain yang diterapkan melalui permainan membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar lari sprint.

Copyrights © 2016