Secara umum tujuan dari penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar lari sprint dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan penerapan Pendekatan bermain bagi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian tindakan (Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 kota Kisaran.
Penelitian ini dilakukan dengan enam kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan, siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan sesuai rencana dan Pendekatan pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran sprint 70 atau 60% siswa tuntas, dan 40% siswa yang tidak tuntas. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1, hasilnya rata-rata 80 atau 88% siswa tuntas dan 12,5% siswa yang tidak tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:(1) Dengan Pendekatan bermain hasil belajar lari sprint meningkat, (2) Dengan penerapan Pendekatan bermain yang diterapkan melalui permainan membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar lari sprint.
Copyrights © 2016