Management Analysis Journal
Vol 6 No 3 (2017): Management Analysis Journal

Pengaruh Iklan pada Keputusan Pembelian melalui Sikap Konsumen

Samosir, Betania Agustina (Unknown)
Wartini, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan Iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi oleh sikap konsumen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah maupun masih menggunakan Kartu Prabayar XL. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis dalam penelitian menggunakan SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis untuk pengaruh langsung yang diajukan adalah diterima dimana nilai signifikansinya < 0,050, sedangkan untuk pengujian intervening diperoleh nilai sobel test sebesar sobel test dihasilkan t stastistik (2,88) > t tabel (1,984). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penelitian semua diterima. Simpulannya semakin baik dan tinggi iklan makan akan semakin meningkatkan sikap konsumen yang dapat berdampak pada Keputusan Pembelian Konsumen. saran untuk perusahaan adalah meningkatkan Afektif dan perilaku konsumen dengan cara memberikan Iklan yang mudah diingat dan dimengerti, dengan pesan tema yang mendalam di benak konsumen, selain itu juga dapat berupa promo-promo menarik dalam jangka panjang yang memotivasi konsumen untuk melakukan pembelian Konsumen.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

maj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Analysis Journal (MAJ) is an open-access electronic journal focusing on scientific work on the field of business. This journal applies the theory developed from business research and connects it to actual business situations. The articles within this journal are published quarterly ...