Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 3, No 2: Semester Genap 2014/2015

“Pengaruh Preferensi Merek, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Shampoo Pantene (Studi Kasus pada Mahasiswi Konsumen Shampoo Pantene di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)”

Reri Rahmi Oktasari Putri (Unknown)
Dian Ari Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2016

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh preferensi merek, persepsi kualitas, persepsi harga dan kepuasan pelanggan  terhadap minat beli ulang konsumen  shampoo Pantene khususnya para mahasiswi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang . Jenis penelitian  yang digunakan dalam penelitian  ini  adalah  explanatory  research  yang menjelaskan hubungan  kausal  antara  variabel-variabel  penelitian melalui  pengujian  hipotesis.  Penelitian  ini menggunakan  sampel  sebanyak  112  sampel  yang  diambil  dari  populasi  konsumen  shampoo Pantene  di  Fakultas  Ekonomi  dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.  Teknik  pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Alat uji instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dengan menggunakan uji F, uji t dan uji dominan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan yang ada, diperoleh  temuan bahwa preferensi merek  (X1), persepsi kualitas  (X2) dan kepuasan pelanggan  (X4) berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang (Y). Artinya, ketiga variabel tersebut merupakan faktor yang berpengaruh  terhadap  minat  beli  ulang  konsumen  shampoo  Pantene  khususnya  mahasiswi  di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Sementara untuk variabel persepsi harga  (X3)  dalam  penelitian  ini  tidak  berpengaruh  signifikan  terhadap  minat  beli  ulang  (Y). Artinya, variabel  tersebut belum  cukup bukti memiliki pengaruh  yang nyata  terhadap  loyalitas konsumen. Adapun variabel yang memiliki pengaruh dominan dalam penelitian ini yaitu variabel kepuasan  pelanggan  (X4)  terhadap  minat  beli  ulang.  Berdasarkan  hal  tersebut  menunjukkan bahwa  semakin  besar  tingkat  kepuasan  pelanggan  (X4)  yang  dirasakan  konsumen  shampoo Pantene maka semakin besar pula tingkat minat beli ulang konsumen (Y) pada shampoo Pantene. Kata Kunci: Preferensi Merek, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kepuasan Pelanggan, Minat Beli Ulang

Copyrights © 2014