Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan, mengetahui dan mendeskripsikan hasilbelajar Hukum Perdata di Prodi PPKn dengan menggunakan model pembelajaranBertukar Pasangan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV yang berjumlah 35orang. Pelaksanaan proses perbaikan pembelajaran ini di laksanakan sebanyak dua siklusyang di nilai oleh seorang observer. Sedangkan jenis data dan teknik pengumpulan datasebagai berikut ; data aktivitas dosen dan mahasiswa di kumpulkan melalui lembarobservasi, data hasil belajar di peroleh melalui post test. Setelah data terkumpul,selanjutnya dikelompokkan, baru dianalisa berdasarkan metode deskriptif dimana datadiperoleh dan diberi penjelasan yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajarHukum Perdata di Prodi PPKn FKIP UNRI.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013