cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pelita Bangsa Pelestari Pancasila
Published by Universitas Riau
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 91 Documents
PENERAPAN ASAS JUJUR DALAM PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM WALIKOTA PEKANBARU DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2004 ', Zahirman
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Pelita Bangsa Pelestari Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan asas jujur dalam pelaksanaan pemilihan umum walikota Pekanbaru ditinjau dari Undang-undang nomor 32 tahun 2004. Penelitian ini menggunakan metode hukum normatif dengan memakai analisa data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak terjadi pelanggaran yang berkaitan dengan asas jujur dalam pelaksanaan pemilihan umum walikota pekanbaru, terutama oleh pihak pelaksana yaitu KPU kota Pekanbaru dan Panwaslu kota Pekanbaru. Adapun pelanggaran-pelanggaran yang terjadi adalah pelaksanaan kampanye diluar jadwal dan menggunakan fasilitas negara, perusakan atribut pemilu (kotak suara) dan pemalsuan dokumen pemilu, pencetakan surat suara tidak berdasarkan pada jumlah pemilih tetap dan ditambah paling banyak 2,5% dari jumlah pemilih tersebut, surat pemberitahuan waktu dan tempat pemungutan suara (undangan pemilih) yang tidak mencantumkan nomor induk kependudukan, kotak suara ditemukan dalam kondisi rusak dikantor KPU, daftar pemilih tetap ganda, serta pelanggaran kode etik oleh anggota panwaslu.Kata kunci: Asas, Jujur, pemilu dan walikota.
“ KABAU “ DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MINANGKABAU ', Ahmal
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Pelita Bangsa Pelestari Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minangkabau merupakan salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia yang sebagian besar wilayah kebudayaannya berada di Provinsi Sumatera Barat. Dijadikannya kata ‘minangkabau’ menjadi sebutan suku bangsa ini memiliki latar belakang sejarah tersendiri. Salah satu versi sejarah menyebutkan bahwa munculnya kata ‘MINANGKABAU’ berasal dari peristiwa adu kerbau antara kerbau orang Jawa dengan orang (yang kemudian disebut orang) Minangkabau. “Kabau” dalam kehidupan masyarakat di Sumatera Barat ternyata memilik banyak makna, manfaat yang terdapat dalam seekor kerbau. Tulisan ini mencoba menjelaskan makna dan manfaat yang terdapat dalam kerbau bagi kehidupan masyarakat di Sumatera Barat.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN IPS DI PRODI PPKN FKIP UR. ', Supentri; Arianto, Jumili
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Pelita Bangsa Pelestari Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan, mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar Pengantar IPS di Prodi PPKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipejigsa. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I yang berjumlah 36 orang. Pelaksanaan proses perbaikan pembelajaran ini di laksanakan sebanyak dua siklus yang di nilai oleh observer. Sedangkan jenis data dan teknik pengumpulan data sebagai berikut: data aktivitas dosen dan mahasiswa di kumpulkan melalui lembaran observasi, data hasil belajar di peroleh melalui post test. Setelah data terkumpul, selanjutnya dikelompokkan, baru dianalisa berdasarkan metode deskriptif dimana data diperoleh dan diberi penjelasan yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan IPS di Prodi PPKn FKIP Universitas Riau.KataKunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Pendidikan IPS
PENINGKATAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PENTINGNYA USAHA PEMBELAAN NEGARA PADA SISWA KELAS 9-B SMP BEERSEBA PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Br. Panjaitan, Elberti
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Pelita Bangsa Pelestari Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMP Beerseba Pekanbaru kelas IXB Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SMP Beerseba Kelas IXB serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, pembelajaran kooperatif, model jigsaw
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VI SDN 42 DURI BARAT KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS Katrin, S.Pd, Septina
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Pelita Bangsa Pelestari Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan motivasi belajar PKn Siswa Kelas VI SDN 42 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas VI di SDN 42 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas VI SDN 42 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Negri 035 Penyesawan Kecamatan Kampar. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan, mulai dari bulan maret 2012 hingga bulan April 2012. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka ditemukan beberapa hal yaitu melalui perbaikan proses pelaksanaan model contextual teaching and learning pada Siklus I hanya mencapai skor pada Siklus I hanya mencapai skor 89 yaitu dalam kriteria rendah, dengan rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap indikator (6 indikator) motivasi belajar hanya sebesar 49.4%. Sedangkan hasil pengamatan motivasi belajar pada siklus II mencapai skor 142 (dalam kriteria sangat tinggi), dengan rata-rata motivasi belajar siswa untuk indikator motivasi belajar (6 indikator) sebesar 78.9%. Dari data ini membuktikan bahwa hipotesis peneliti yang berbunyi ”Penggunaan model model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar PKn siswa Kelas VI SD Negeri 035 Penyesawan “diterima”. Artinya dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) secara benar dapat meningkatkan meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas VI SDN 42 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis.Kata kunci: Model pembelajaran contextual teaching and learning, motivasi belajar
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 005 KEBUN LADO KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI ', YASNI
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Pelita Bangsa Pelestari Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti selama mengajar di kelas V SD Negeri 005 Kebun Lado kecamatan Singingi ditemui gejala-gejala atau fenomena-fenomena khususnya pada mata pelajaran PKn diantaranya, nilai PKn siswa masih banyak yang dibawah KKM ( 72 ),yakni 10 siswa (50%) dari 20 orang siswa. Dari fenomena-fenomena atau gejala-gejala tersebut diatas,terlihat pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru khususnya pada bidang studi PKn kurang menarik perhatian siswa dan terkesan membosankan sehingga hasil belajar anak pada mata pelajaran PKn cenderung rendah. Berdasarkan analisis sementara,keadaan ini dipengaruhi oleh cara mengajar guru yang kurang menarik perhatian siswa. Tipe Kepala Bernomor Terstruktur merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang bertujuan untuk mengembangkan kerjasama,memudahkan pembagian tugas serta siswa belajar melaksanakan tanggung jawab individunya sebagai anggota kelompok.Tujuan Penelitian ini adalah untuk : meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Kepala Bernomor Terstruktur dikelas V SD Negeri 005 Kebun Lado Kecamatan Singing Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptifkualitati.penelitian dilakukan dalam 2 tindakan atau siklus. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian adalah penerapan pembelajaran PKn melalui model kepala bernomor terstruktur.subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 005 Kebun Lado tahun ajaran 2011/2012. Data penelitian diperoleh dari kajian dokumen,observasi,wawancara dan tes pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :Dari hasil pengamatan mengenai aktivitas guru dalam menggunaan model pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur, jika pada siklus I guru sudah melakukan dengan “sempurna” dengan skor 30. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan dengan skor 42 dengan kriteria “sangat sempurna”. Disarankan kepada guru kelas V SD Negeri 005 Kebun Lado Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi untuk menerapkan dan menguasai dan lebih sering menggunakan metode pembelajaran tipe Kepala Bernomor Terstruktur.Kata Kunci : hasil belajar, PKn,kepala bernomor terstruktur
EMOTIONAL SPRITUAL QUOTION (ESQ) DAN KORELASINYA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA ZUKDI, ILPI
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila Vol 11, No 1 (2016)
Publisher : Pelita Bangsa Pelestari Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, diperlukan motivasi yang tinggi. Banyak variabel yang mempengaruhi untuk meningkatkan motivasi, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan Emotional Spritual Quotion (ESQ). Dari hasil observasi terlihat bahwa motivasi berprestasi mahasiswa masih terlihat rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara ESQ dengan motivasi berprestasi bagi mahasiswa semester 3 Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang.
PENGEMBANGAN PROFESIONAL UNTUK GURU: MENUJU GURU SEBAGAI PEMBELAJAR Irwandi, Irwandi
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila Vol 12, No 2 (2017)
Publisher : Pelita Bangsa Pelestari Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In the 21th century, education system internationally strives to raise the pursuit of excellence at all levels. Perhaps understandably, any efforts to improve education quality cannot succeed without the continuous support and cooperation of a professional teacher. This fact is widely recognized in international attention mostly in term of promoting the continuing professional of teachers. The term of ‘continuing’ refers to the need for ongoing development of teachers’ knowledge, professional skill, and their effectiveness in schools. This is a reaction to the professional development which is not satisfied yet in leading to an increase in teacher knowledge, skills, and commitment. This paper explores the concept of continuing professional development, the limitation of current approaches to professional development, and the reinvigoration strategy of teacher professional development. The concern is on teachers rather than school leaders, but the implications are highlighted for school leadership and management.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER STRUCTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH HUKUM ACARA PERDATA PADA MAHASISWA PRODI PPKN FKIP UNIVERSITAS RIAU Zahirman, Zahirman; Haryono, Haryono; Separen, Separen
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila Vol 13, No 1 (2018)
Publisher : Pelita Bangsa Pelestari Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to improve student results PPKn FKIP UR in the course of civil law, which is the subject of this research is the students of PPKn FKIP UR Semester III totaling 35 people composed of 11 men and 24 women. Process improvements in the research study will use a learning model Numbered Heads Together Structure to see its influence on learning outcomes. Activity faculty and students in the use of this model will be assessed by the observer.            Based on the results of the study showed that the activity of a lecturer in the first cycle with a score of 32 categories of "Perfect" and the increase in cycle II score of 36 in the category "very perfect". For students in the first cycle of activity score of 204 in the category "High" and the second cycle increased to 228 with the category of "very high". While the learning outcomes of students in the first cycle with the category of "Very High" as many as 7 people (20%) and "High" as many as 23 people (66%) increased in the second cycle category of "Very High" as many as 12 people (34%) and "High "as many as 17 people (49%). It can be concluded that the usage learning model Numbered Heads Together Structure can improve learning outcomes in subjects of Civil Law at the FKIP PPKn University of Riau.
KONFLIK PSIKOLOGI DALAM RUBRIK “OH MAMA OH PAPA” BERTEMA TRANSGENDER PADA MAJALAH KARTINI PERIODE FEBRUARI DAN APRIL 2016 Putri, Dainur
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Pelita Bangsa Pelestari Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik psikologi yang dialami tokoh dan penyebab terjadinya konflik pada diri tokoh dalam rubrik “Oh Mama Oh Papa” (OMOP) bertema transgender pada majalah Kartini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa konflik batin yang terdapat pada rubrik OMOP dalam majalah Kartini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh dalam rubrik OMOP mengalami dua jenis konflik batin, yaitu konflik batin internal berupa konflik batin karena keinginan tidak sesuai dengan kenyataan yang menimbulkan kekecewaan dan konflik pertentangan batin.

Page 1 of 10 | Total Record : 91