PAEDAGOGIA
Vol 20, No 2 (2017): PEDAGOGIA Jilid 20, Nomor 2 (2017)

MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

ferdinandus mone (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika)
Alfonsa Maria Abi (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2018

Abstract

Kualitas Pendidikan di daerah tertinggal tidak dapat disamakan dengan pendidikan di daerah maju. Rendahnya kualitas pendidikan di Daerah tertinggal dapat disebabkan karena fasilitas pendidikan yang jauh lebih minim dari pada daerah maju, salah satunya adalah minimnya media pembelajaran. Rendahnya kualitas pembelajaran di sekolah menengah membuat kualitas input ke perguruan tinggi daerah setempat juga ikut rendah sehingga mahasiswa perlu mengejar keteritinggalan pengetahuan yang sudah terlewati. Peran pengajar dalam menghadapi masalah ini dapat di lakukan melalui desain model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media sofware untuk mengefektifkan pembelajaran, salah satunya software geogebra. Hasil penelitian dalam menerapkan model Discovery Learnig berbantuan Geogebra menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah setelah terjadi proses pembelajaran, terjadinya ketuntasan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang diajarkan dengan model Discovery learning berbantuan Geogebra lebih baikdari mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional.Kata kunci: Discovery learning, Pemecahan Masalah, Geogebra

Copyrights © 2017