PAEDAGOGIA
Vol 20, No 2 (2017): PEDAGOGIA Jilid 20, Nomor 2 (2017)

METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Hayuningtyas, Ninditya Enggawati (Unknown)
Wijayanti, Arfilia (Unknown)
Muhajir, Muhajir (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2018

Abstract

Abstrak:Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui keefektifan metode ekperimen terhadap hasil belajar dan jiwa kewirausahaan siswa kelas IV di SDN 1 Kedungtuban Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 1 Kedungtuban Kabupaten Blora tahun pelajaran 2016/2017. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, angket dan dokumentasi. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,154 dan tes akhir posttest dengan nilai rata-rata sebesar 70,154. Berdasarkan hasil yang diperoleh uji normalitas data Lodari nilai pretest sebesar 0,146 dan taraf signifikan α = 5% diperoleh L = 0,234 karena L > Lo  nilai n=13 diperoleh Lo = 0,141 dan taraf signifikan α = 5% diperoleh L = 0,234. Jadi L > Lo  maka hipotesis nol diterima.Pada jiwa kewirausahaan dinilai berdasarkan angket. Sehingga didapat hasil yang mendapatkan kategori nilai baik ada 3 anak, yang mendapatkan kategori cukup baik ada 7 anak, dan yang mendapatkan kategori nilai kurang baik ada 3 anak. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 1 Kedungtuban mempunyai jiwa kewirausahaan karena dari persentase yang didapat 77% dari 13 siswa mempunyai jiwa kewirausahaan. Artinya metode eksperimen efektif terhadap hasil belajar dan jiwa kewirausahaan siswa kelas IV SDN 1 Kedungtuban Kata kunci : Metode Eksperimen, Hasil Belajra, Jiwa Kewirausahaan

Copyrights © 2017