Manajemen Pendidikan
Vol. 13., No. 1., Tahun 2018

Dukungan Kepemimpinan Guru, Kondisi Lingkungan dan Minat Belajar terhadap Kemandirian Siswa SMA

Astuti, A (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dukungan (1) kepemimpinan guru, kondisilingkungan dan minat belajar terhadap kemandirian siswa dalam pembelajaranAkuntansi kelas XII jurusan IPS SMA Batik 2 Surakarta (2) kepemimpinan guruterhadap kemandirian siswa dalam pembelajaran Akuntansi kelas XII jurusanIPS SMA Batik 2 Surakarta (3) kondisi lingkungan terhadap kemandirian siswadalam pembelajaran Akuntansi kelas XII jurusan IPS SMA Batik 2 Surakarta (4)minat belajar terhadap kemandirian siswa dalam pembelajaran Akuntansi kelasXII jurusan IPS SMA Batik 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitiankuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Teknik pengumpulandata menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakananalisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) secara simultan kepemimpinan guru, lingkungan, dan minat belajar, secara bersama-sama memilikikontribusi terhadap kemandirian siswa dengan signifikansi uji F kurang dari 0,05yaitu 0,000. (2) ada kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan guru dengankemandirian siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan t nya 3,707. (3)ada kontribusi yang signifikan antara lingkungan dengan kemandirian siswa dengannilai signifikansi 0,026 dan thitung hitung nya 2,280. (4) ada kontribusi yang signifikan antara minat belajar dengan kemandirian siswa dengan nilai signifikansi 0,002 dan t sebesar 3,317 hitung

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Manajemen Pendidikan is open-access and peer-reviewed scholarly online journal managed by Department of Master of Education Management, Universitas Muhammadiyah Surakarta and published by Muhammadiyah University Press (MUP). This Journal is published twice a year (June and December). The journal ...