Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kaidah tentang perencanaan,pelaksanaan dan penilain pembelajaran matematika kelas X di SMK Negeri 6Surakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yangterjadi di SMK Negeri 6 Surakarta. Informan penelitian ini meliputi kepala sekolah,guru matematika kelas X dan siswa kelas X. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah,guru matematika kelas X, siswa kelas X Akuntansi dan dokumen kurikulum. Teknikpengumpulan data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data mengunakan model mengalir/interaktif.Hasil peneletian ada tiga: 1) Perencanaanpembelajaran sangat memperhatikan apek-aspek pembelajaran, diantaranya denganmanajemen pembelajaran yang efektif dan pengelolaan kelas. Rencana pelaksanaanpembelajaran mengacu pada kurikulum 2013 antara lain memuat: materi pokok danalokasi waktu, tujuan pembelajaran, metode/model pembelajaran, langkah-langkahpembelajaran dan penilaian hasil belajar; 2) Pelaksanaan pembelajaran selaludiawali dengan pembiasaan pembentukan karakter siswa, diantaranya dengan caraberdoa dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya ketika pembelajaran jampertama dan motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menyuruhsiswa untuk diskusi kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.Akhir pembelajaran, siswa diminta membuat kesimpulan dan tugas mandiri; 3) Hasilpenilaian pengetahuan diperoleh dari seberapa jauh pemahaman materi, penilaianketerampilan diperoleh dari hasil pekerjaan siswa yang berupa proyek dan aktivitassiswa, sedangkan penilaian sikap menggunakan jurnal. Guru menggunakan penilaianautentik (authentic assessment) dalam menilai seluruh aktivitas siswa dalam prosespembelajaran.
Copyrights © 2018