Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 5 No 2 (2017): Vol 5, No 2, 2017

PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP MENGGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE ANTARA MEDIA INTERAKTIF COURSELAB DAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT PESERTA DIDIK KELAS XI MIA MAN WAJO KABUPATEN WAJO

Suhardiman Suhardiman (UIN Alauddin Makassar)
Thamrin Tayeb (UIN Alauddin Makassar)
Nurul Qadri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan “(1) untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik yang diajar metode pembelajaran Scramble berbasis media interaktif Courselab di kelas XI MIA MAN Wajo, (2) untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan metode Scramble berbasis media Microsoft Power Point  dan (3) apakah metode pembelajaran Scramble berbasis media interaktif Courselab berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI MIA MAN Wajo”. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan.Metodologi penelitian ini yaitu penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN Wajo. Adapun sampelnya menggunakan teknik Non Probability Sampling Tipe Convience Sampling.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata pemahaman konsep siswa dengan menggunkan metode Scramble berbasis media Courselab 6,36 dengan kategori baik. Sedangkan pemahaman konsep menggunakan media Microsoft Power Point adalah 5,78 dengan kategori cukup. Pemahaman konsep dengan menggunakan metode Scramble berbasis media Courselab dengan nilai signifikan 0,162/2 = 0,081 lebih besar dari 0,05 (0,081 ˃ 0,05) dan H0 diterima. Dengan demikian metode Scramble berbasis media Courselab lebih baik untuk meningkatkan pemahaman konsep dibandingan dengan metode Scramble berbasis media Microsoft Power Point.Implikasi dari penelitian ini yang diharapkan oleh peneliti adalah semoga Motode Scramble berbasis media Courselab digunakan oleh guru bidang studi fisika di sekolah yang bersngkutan, agar peseta didik tidak jenuh dengan pembelajaran yang monoton namun harus disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...