Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 4 No 1 (2016): Vol 4, No 1, 2016

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BAKULIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI I BAJENG BARAT

Febriani Febriani (Unknown)
Jamilah Jamilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar fisika yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran bakulikan dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional serta mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran bakulikan dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar fisika, perangkat pembelajaran dan lembar observasi pelaksanaan strategi pembelajaran bakulikan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen sebesar 52,4 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 44,6. Sedangkan hasil inferensial yaitu thitung > ttabel sehingga terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan Strategi pembelajaran bakulikan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas X SMA Negeri I Bajeng Barat.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...