Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 5 No 2 (2017): Vol 5, No 2, 2017

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR

Kasmawati Kasmawati (Unknown)
Nur Khalisah Latuconsina (UIN Alauddin Makassar)
Andi Ika Prasati Abrar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perbedaan hasil belajar siswa  yang  diajar menggunakan pembelajaran CTL dan yang tidak di ajar menggunakan pembelajaran CTL di kelas IPA MAN 1 Makassar. Populasi  penelitian ini adalah  siswa kelas X IPA  yang berjumlah 191 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sampling sample penelitian ini sebanak 78 siswa. Instrumen penelitian ini  yaitu Tes hasil belajar. Teknik analisis data  yaitu statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data yaitu  siswa memperoleh predikat B sebanyak 28 orang dan 11 orang memperoleh predikat A, sedangkan yang tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL rata-rata  memperoleh predikat B sebanyak 32 orang dan 7 orang memperoleh predikat A dari 39 siswa. Berdasarkan perolehan tersebut dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang diajar dan tanpa diajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Perbeadaan dapat pula dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) dan yang tidak diajar diperoleh nilai rata rata sebesar 83,6 dan 80,6.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...