Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang dilakukan di Pesantren/Madrasah Aliyah Madani Pao-Pao Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran; (ii) mengetahui kualitas media pembelajaran yang meliputi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu; (i) Menuliskan tujuan pembelajaran umum berupa SK/KD; (ii) Melakukan analisis instruksional; (iii) Mengidentifikasi tingkah laku awal/karakteristik siswa kelas XI IPA; (iv) Merumuskan tujuan instruksional khusus; (v) Menyusun tes acuan patokan; (vi) Menyusun strategi pembelajaran; (vii) Mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi macromedia flash dan power point; (viii) Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif berupa validasi media; (ix) Melakukan revisi; (x) Melakukan ujicoba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Proses pengembangan media pembelajaran meliputi beberapa tahap, yaitu: tahap identifikasi, tahap pengembangan media, dan tahap uji coba dan evaluasi; (ii) Kriteria perangkat pembelajaran yang dicapai yaitu: (1) valid berdasarkan penilaian validator, (2) praktis berdasarkan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kategori tinggi dan respon siswa, dan (3) efektif berdasarkan ketuntasan klasikal telah tercapai dimana sebesar 85% siswa mengalami ketuntasan dan aktivitas siswa dan guru sudah terlaksana.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015