Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 5 No 1 (2017): Vol 5, No 1, 2017

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SPOTLIGHT TERHADAP KEMAMPUAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA MATA PELAJARAN FISIKA

andi nur ana qurnia (Unknown)
Umi Kusyairy (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan menjawab pertanyaan yang diajar menggunakan Metode pembelajaran spotlight, mengetahui gambaran kemampuan menjawab pertanyaan yang diajar menggunakan Metode pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan menjawab pertanyaan yang diajar menggunakan Metode pembelajaran spotlight dan Metode pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah The Static Group Comparison. Sampel penelitian berjumlah 70 orang yang dipilih dari dua kelas menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menjawab fisika siswa yang diajar dengan metode Spotlight berada pada kategori sangat Tinggi dan yang diajar dengan metode konvensional berada pada kategori rendah. Selanjutnya, hasil analisis statistik menunjukkan bahwa D0 yang diperoleh sebesar 0,329 dan D(α) sebesar 0,325, sehingga D0 > D(α). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menjawab pertanyaan fisika yang diajar menggunakan metode pembelajaran Spotlight dan metode pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMAN 3 Bulukumba.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...