Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 3 No 2 (2015): Vol 3, No 2, 2015

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI B MA MADANI ALAUDDIN PAOPAO

Fardiana Jamhal (Unknown)
Andi Jusriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kedisiplinan terhadap Metode Pembelajaran Discovery pada peserta didik, gambaran konsentrsi terhadap Metode Pembelajaran Discovery pada peserta didik, sekaligus untuk mengetahui apakah penerapan Metode Pembelajaran Discovery dapat  meningkatkan  kedisiplinan dan konsentrasi pada peserta didik kelas XI B MA Madani Alauddin Paopao.Jenis penelitian ini tergolong Pre Eksperimen Design dimana menggunakan  angket skala  likert sebagai alat ukur yang dibagikan kepada seluruh peserta didik kelas XI B MA Madani Alauddin Paopao. Lembar observasi untuk mengamati peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Berdasarkan hasil pengolahan data angket diperoleh nilai rata-rata kedisiplinan terhadap Metode Pembelajaran Discovery pada peserta didik adalah 79,24 dengan persentase 53,84%, nilai rata-rata konsentrasi terhadap Metode Pembelajaran  Discovery  pada  peserta  didik adalah 80,58 dengan persentase 53,84%. Melalui analisis inferensial maka diperoleh data angket kedisiplinan 1,708 < 5,704 dimana Ho ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa dengan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik MA Madani Alauddin Paopao. Sedangkan data angket konsentrasi 7,101 > 1,708 dimana Ho ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa dengan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan konsentrasi peserta didik MA Madani Alauddin Paopao.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...