Latar belakang: Personal hygiene merupakan perawatan diri manusia dalam memelihara kesehatannya untuk meningkatkan kenyamanan, kesehatan dan keamanan demi kesejahteraan fisik dan psikis terutama pada pasien imobilisasi. Setiap tindakan keperawatan, yang diberikan perawat harus memperhatikan kepuasan pasien karena merupakan salah satu indikator bagi pasien untuk mengetahui kualitas pelayanan melalui tingkat kepuasan.Tujuan: Untuk mengetahui kepuasan pasien imobilisasi dalam pemenuhan personal hygiene yang dilakukan oleh perawat di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan.Metode: Jenis penelitian adalah deskriptif, dengan metode penilaian menggunakan dimensi kepuasan. Populasi dalam penelitian berjumlah 120 orang dengan jumlah sampel penelitian 30 orang dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.Hasil: Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan pasien pada dimensi tangible (kenyataan) 63,3%, emphaty (empati) 46,7%, reliability (keandalan) 50,0%, responsivenness (daya tanggap) 53,3%, sedangkan dimensi assurance (jaminan) berada pada kategori puas yaitu 43,3%.Kesimpulan: Pasien sangat puas terhadap pelayanan personal hygiene, terlihat dari perhitungan setiap dimensi. Diharapkan kepada perawat agar memberikan pelayanan yang lebih baik lagi terutama kesan pertama masuk pasien terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan sehingga hasil kepuasan lebih meningkat lagi.
Copyrights © 2017