Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran kuartet dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa jerman siswa kelas XI IPA MAN 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design (eksperimental semu) dengan bentuk design non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MAN 1 Makassar, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa adalah 100 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu kuartet efektif dalam pembelajaran. Perolehan nilai post-test siswa, pada kelas eksperimen nilai terendah yaitu 50 dan nilai tertinggi 91 dengan nilai rata-rata 69,8, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai 8 untuk nilai terendah dan 67 untuk nilai tertinggi dengan nilai rata-rata 38,1. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t untuk melihat hasil akhir dari penelitian ini, masing-masing kelas dengan rumusyang sama. Hasilnya adalah kelas eksperimen = 9,35 sementara = 2,011, jadi adalah
Copyrights © 2017