Jurnal Bioedukatika
Vol 5, No 1 (2017)

Pengaruh Penerapan Hypothetico-deductive Reasoning dalam Learning Cycle terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Siswa

Ardiyansyah, Yohn Ade ( SMK, YPKK 2 Sleman, Yogyakarta)
Paidi, Paidi ( Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan hypothetico-deductive reasoning (HDR) dalam learning cycle terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini berbentuk kuasi-eksperimen dengan desain pretest-postest non-equivalent control group yaitu kelas A sebagai kelompok eksperimen bermodelkan HDR-Learning Cycle (HDR-LC), serta kelompok kontrol yaitu kelas B bermodelkan Learning Cycle (LC) dan kelas C bermodelkan Direct Instruction (DI). Sumber data KPS-intelektual dan pemahaman konsep diperoleh dengan instrumen tes sedangkan KPS-manual diperoleh dengan observasi performansi. Data dianalisis dengan MANOVA dilanjutkan uji Bonferroni, atau uji Kruskal-Wallis dilanjutkan uji Games-Howell untuk data nonparametrik. Hasil penelitian ini yaitu: (a) penerapan HDR-LC (mean: 86,4) secara signifikan berpengaruh positif terhadap KPS-intelektual dibandingkan model LC (mean: 78,3) dan DI (mean: 75,1). Sedangkan KPS-manual kelas HDR-LC (mean: 64,3) dibandingkan kelas LC (mean: 87,4) dan DI (mean: 82,3) terdapat perbedaan yang signifikan dengan pengaruh negatif. (b) penerapan HDR-LC (mean: 84,8) secara signifikan berpengaruh potisif terhadap pemahaman konsep siswadibandingkan model LC (mean: 61,7) dan DI (mean: 66,6).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

BIOEDUKATIKA

Publisher

Subject

Education

Description

"JURNAL BIOEDUKATIKA" focuses on the publication of the results of scientific research related to the field of Biology Education. The article published on the internal and external academic community UAD especially in Biology Education. "JURNAL BIOEDUKATIKA" publishes scholarly articles in biology ...