Kota Bogor memiliki komoditas khas yaitu talas yang dapat diolah menjadi produk makanan, yaitu lapis talas. Produsen yang menjual produk lapis talas adalah Rumah Talas. Semakin banyak produsen yang menjual produk talas menyebabkan Rumah Talas memiliki beberapa pesaing dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu, konsumen harus memilih produk mana yang akan dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen Rumah Talas dan mengetahui preferensi konsumen terhadap produk Rumah Talas serta atribut mana yang menjadi preferensi konsumen. Data diolah menggunakan analisis chi-square dan metode based on rank orders serta dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik konsumen Rumah Talas adalah laki â laki, status sudah menikah, berusia 46 â 60, berpendidikan S1, status pekerjaan PNS/TNI, dan pendapatan sebesar Rp. 5.000.000 - Rp. 10.000.000. Produk yang disukai oleh konsumen adalah produk dengan harga yang sedang, rasa yang enak, produk dengan warna ungu, tekstur yang lembut, kemasan yang menarik, dan produk dengan merek terkenal. Berdasarkan peringkat atau urutan kepentingan atribut produk Rumah Talas maka urutan kepentingan dari yang pertama hingga terakhir adalah harga, rasa, tekstur, kemasan, merek, dan warna. Untuk itu, Rumah Talas perlu mempertahankan harga produk agar tetap stabil serta meningkatkan kualitas warna produk agar konsumen lebih tertarik dengan produk Rumah Talas tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017