Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemetaan pemasaran ikan tuna dengan menggunakan pemetaan kuantitatif, pemetaan pasar, pemetaan harga, dan pemetaan lalu lintas. Penelitian ini menggunakan metode survei. lokasi dipilih secara sengaja (purposive) yaitu yaitu di Desa Karya Karya Mandiri "Bu Bedah" Muara. Populasi dalam penelitian ini adalah produksi abon ikan tuna Usaha Karya Mandiri "Bu Bedah" Desa Muara Wanasalam Lebak Banten. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dimana data dianalisis dengan cara menggambarkan data yang terkumpul. Metode pengambilan sampel dengan snowball sampling. Hasil penelitian 1) Pemetaan kuantitatif bahwa total produksi ikan tuna di Usaha Karya Mandiri "Bu Bedah" adalah 300 kg / bulan. 2) Pemetaan pasar ikan tuna dilakukan di wilayah pasar dan di luar daerah. 3) Pemetaan harga ikan tuna di Bisnis Karya Mandiri "Bu Bedah". Untuk harga abon ikan tuna ke grosir dengan harga Rp.140.000 / kg, harga abon ikan tuna ke pengecer sesuai ukuran, ukuran 90 gram dengan harga Rp. 12.000 dan ukuran 140 gram dengan harga Rp. 22.000. Harga ikan tuna sampai konsumen bervariasi sesuai dengan ukuran, ukuran 90 gram dengan harga Rp. 15.000 dan ukuran 140 gram dengan harga Rp. 25.000. Dengan merek "Bu Bedah". Pedagang besar menjual dengan harga pengecer Rp. 35.000 dengan merek "Sarinah". Sementara pengecer (raksasa, carefour, dan hypermart) menjual abon ke konsumen harga Rp. 48.900. 4) Waktu pengiriman di pagi dan sore hari.
Copyrights © 2017