Sektor pertanian memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi sebagai salah satu negara agraris. Salah satu industri yang berperan dalam peningkatan pengembangan budidaya adalah industri pupuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pola pemasaran saluran yang terjadi di PT. Pupuk Kujang Cikampek (Kasus di gudang Lini III Kota Serang) dan menganalisa pola saluran yang paling efisien dalam pemasaran di kawasan gudang Lini III Kota Serang. Metode penelitian adalah deskriptif. Lokasi penelitian yang ditentukan secara purposive berada di gudang Lini III Kota Serang dengan pertimbangan bahwa di Banten merupakan salah satu daerah penyerapan produk terbesar di PT. Pupuk Kujang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis saluran pemasaran, analisis fungsi pemasaran, analisis struktur, pola saluran pemasaran, dan kebiasaan pemasaran serta analisis marjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 pola saluran pemasaran yang terjadi pada penjualan pupuk non-subsidi pupuk Urea (Nitrea) wilayah provinsi Banten. Pola saluran pertama via gudang Lini III Kota Serang - konsumen distributor - akhir. Sedangkan untuk pola pemasaran saluran via gudang Lini III Serang City - distributor - retailer atau stall - end consumer. Pola saluran pemasaran yang paling efisien adalah yang pertama karena memiliki rantai pemasaran terpendek dan margin pemasaran terkecil.
Copyrights © 2017