Palapa: Jurnal Study Keislaman dan Ilmu Pendidikan
Vol 5 No 02 (2017): November

Peran Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan Kota Mataram)

Maujud, Fathul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2018

Abstract

Masyarakat memiliki peran yang strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah, upaya tersebut diimplementasikan melalui  partisipasi dan keterlibatan mereka baik secara moril maupun materil. Peran partisipasi masyarakat dalam meningkatkan muru pendidikan di madrasah dapat berupa peran sebagai perencana dan pengawas program yang sudah disusun oleh madrasah. Partisipasi masyarakat merupakan salah satu bagian penting bagi peningkatan mutu pendidikan madrasah. Partisipasi menuntut adanya pemahaman yang sama dari pihak madrasah dan masyarakat (orangtua) terhadap visi, misi, dan tujuan pendidikan di madrasah. Partisipasi tidak cukup hanya dipahami oleh madrasah sebagai bagian yang penting bagi keberhasilan peningkatan mutu pendidikan, akan tetapi masyarakat juga harus meningkatkan keterlibatan mereka serta memahami makna pentingnya partisipasi bagi pembangunan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis:            1) Bentuk partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan Kota Mataram. 2) Peran partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan Kota Mataram. 3) Hambatan yang dihadapi oleh masyarakat dalam berpartisipasi untuk meningkatkan  mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan Kota Mataram. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan kota Mataram dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan  uji kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability) reliabilitas, dan objektifitas (confirmability). Hasil penelitian ini yaitu: (1) Bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu input, proses, dan  output. (2) Peran partisipasi masyarakat dalam meningkatkan muru pendidikan dibagi ke dalam peran perencana dan pengawas. (3) Hambatan yang dihadapi masyarakat adalah masalah kesibukan dalam bekerja,  kurangnya informasi tentang program madrasah, dan masih minimnya pengetahuan sebagian besar masyarakat tentang pentingnya arti partisipasi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

palapa

Publisher

Subject

Religion Education

Description

PALAPA: Jurnal studi Keislaman dan ilmu pendidikan diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LP2M) STIT Palapa Nusantara Lombok Nusa Tenggara Barat melalui Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya. Jurnal ini terbit enam bulanan, ...