ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu ; mengetahui pola asuh orang tua terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang berusaha menggambarkan situasi subjek sebagaimana adanya perilaku agresif anak tunagrahita ringan yakni MY dan RN yang dikenal selama ini mengalami hambatan dalam bersosialisasi dengan teman sebaya di sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat. Fakta yang terjadi menunjukkan bahwa anak secara fisik dan apakah itu melalui wawancara mendalam baik terhadap responden maupun informan, pengamatan langsung di lapangan dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Populasi penelitian ini berjumlah 2 (dua) orang tua siswa dan 2 (dua) siswa tunagrahita ringan yang berperilaku agresif di SLB Leleani 1 Kota Ambon. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua siswa tunagrahita ringan yang berprilaku agresif di SLB Leleani 1 Kota Ambon, menerapkan pola asuh yang  permissive indulgent parenting (pengasuhan permisif-memanjakan). Hal tersebut dapat dilihat bahwa terdapat kesamaan pola asuh orang tua terhadap siswa tunagrahita (MY dan RN) yang berprilaku agresif. Setiap orang tua memberikan perhatian dan kontrol terhadap anak pada saat berada di rumah. Perhatian yang diberikan orang tua yaitu orang tua sangat tanggap dengan kebutuhan siswa, Orang tua mau menerima keberadaan anak, mau mendengarkan keluhan anak dan memberikan motivasi pada anak serta memberikan kesempatan kepada anak untuk menempuh pendidikan dan bersosialisasi di sekolah dan di tengah-tengah masyarakat.Kata kunci: pola asuh, perilaku agresif 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016