Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan berhitung pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon melalui penerapan media permainan kartu bilangan sikluas I ? (2) Bagaimanakah kemampuan berhitung pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon melalui penerapan media permainan kartu bilangan siklus II ? (3) Apakah penerapan media permainan kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon? Dan (4) Bagaimanakah keaktifan murid dalam penerapan permainan kartu bilangan pada pelajaran berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon?. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang: (1) kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon melalui penerapan media permainan kartu bilangan baik siklus I maupun siklus II,  (2) peningkatan kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon melalui penerapan media permainan kartu bilangan, dan (3) keaktifan murid dalam penerapan permainan kartu bilangan pada pelajaran berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dengan dua siklus. Adapun fokus penelitian ini adalah; keaktifan murid dalam pembelajaran, kemampuan berhitung, baik pada siklus I maupun siklus II. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berhitung, Data keaktifan murid dalam pembelajaran diperoleh melalui observasi. Data tentang kemampuan berhitung dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif uji rata-rata, sedangkan data keaktifan murid dianalisis dengan teknik analisis deskriptif naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II di Skh Al Khairiyah, Cilegon pada siklus I termasuk dalam kategori tidak mampu (TM), (2) Kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II di Skh Al Khairiyah, Cilegon pada siklus II termasuk dalam kategori  mampu (M), (3) Penggunaan media permainan kartu bilangan dapat mingkatkan kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II di Skh Al Khairiyah, Cilegon, dan (4) Terjadi peningkatan keaktifan murid dalam pembelajaran matematikan pada kompetensi kemampuan berhitung melalui penggunaan media permainan kartu bilangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon,
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017