Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa
Vol 2, No 2 (2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II SKH AL KHAIRIYAH, CILEGON BANTEN

war tinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2017

Abstract

Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan berhitung pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon melalui penerapan media permainan kartu bilangan sikluas I ? (2) Bagaimanakah kemampuan berhitung pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon melalui penerapan media permainan kartu bilangan siklus II ? (3) Apakah penerapan media permainan kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon? Dan (4) Bagaimanakah keaktifan murid dalam penerapan permainan kartu bilangan pada pelajaran berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon?. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang: (1) kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon melalui penerapan media permainan kartu bilangan baik siklus I maupun siklus II,  (2) peningkatan kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon melalui penerapan media permainan kartu bilangan, dan (3) keaktifan murid dalam penerapan permainan kartu bilangan pada pelajaran berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dengan dua siklus. Adapun fokus penelitian ini adalah; keaktifan murid dalam pembelajaran, kemampuan berhitung, baik pada siklus I maupun siklus II. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berhitung, Data keaktifan murid dalam pembelajaran diperoleh melalui observasi. Data tentang kemampuan berhitung dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif uji rata-rata, sedangkan data keaktifan murid dianalisis dengan teknik analisis deskriptif naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II di Skh Al Khairiyah, Cilegon pada siklus I termasuk dalam kategori tidak mampu (TM), (2) Kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II di Skh Al Khairiyah, Cilegon pada siklus II termasuk dalam kategori  mampu (M), (3) Penggunaan media permainan kartu bilangan dapat mingkatkan kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II di Skh Al Khairiyah, Cilegon, dan (4) Terjadi peningkatan keaktifan murid dalam pembelajaran matematikan pada kompetensi kemampuan berhitung melalui penggunaan media permainan kartu bilangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Skh Al Khairiyah, Cilegon,

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

UNIK

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa is expected to serve as a publication media for the results of quality scientific research, especially special education. The scope of the Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa in the field of special education, especially children experiencing barriers to physical, ...