Pencapaian pendidikan tergantung pada berbagai mekanisme yang mempengaruhi proses belajar mengajar, di antaranya kompetensi pedagogik. Kendala yang dihadapi guru dalam mengikuti pengembangan kompetensipedagogik yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal guru. Faktor-faktor internaltersebut adalah manajemen diri yang terdiri dari kontrol emosional, sadar posisi dantugas serta manajemen waktu . Faktor-faktor eksternal yaitu birokrasi lembaga,perubahan teknologi dan sosial,serta jumlah siswa.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru PKn di Kota Serang sudah baik, dan masih terdapat kendala dalam proses pembinaan kompetensi pedagogik guru PKn di Kota Serang. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan: (1) untuk guru selalu menambah inovasi- inovasi dalam pembelajaran dengan selalu mengikuti pengembangan kompetensi pedagogik (2) untuk Dinas Pendidikan Kota Serang agar turut andil dalam mengurangi kendala- kendala yang dihadapi oleh guru PKn dalam mengikuti pengembangan kompetensi pedagogik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018