Abstrak: Pembelajaran di SDN Rejosari 03 Kota Semarang masih berlangsung satu arah, perilaku siswa kurang, dan nilai ketuntasan belajar secara klasikal belum mencapai 75% dari jumlah siswa. Penyebabnya pembelajaran berpusat pada guru dan belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan aktivitas, perilaku, dan hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran dengan model guide inquiry. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas, perilaku, dan hasil belajar peristiwa alam kelas V melalui guide inquiry. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Rejosari 03 Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen terdiri atas lembar pengamatan, lembar hasil belajar. Teknik analisis data secara deskriptif persentase dan uji peningkatan menggunakan N-gain. Peningkatan aktivitas siswa yaitu 74% menjadi 88%, perilaku siswa dari 69% menjadi 87%, dan hasil belajar siswa dari 70% menjadi 100%. Pembelajaran IPA dengan pendekatan guide inquiry terbukti meningkat. Seyogyanya peneliti atau guru dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarakan misalnya model guide inquiry. Kata kunci: Aktivitas, Perilaku, Hasil Belajar, Guide Inquiry.
Copyrights © 2017