Jurnal Sketsa
Vol 4, No 2 (2017): Jurnal SKETSA

Filosofi Nilai-Nilai Budaya Sunda Grup Ma’soem

Rozalena, Agustin (Unknown)
Ngare, Ferdinandus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2018

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana filosofi budaya Sunda menjadi sumber kekuatan bagi budaya organisasi di Masoem Group. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Data lapangan yang diperoleh dari sumber dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi non partisipasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa filosofi ke arah pendiri organisasi Sunda menghasilkan pewarisan budaya organisasi. Penelitian ini memiliki signifikansi strategis untuk pelaksanaan bidang studi komunikasi organisasi, mengingat implikasi dari nilai-nilai dan filosofi dalam Grup Masoem akan berdampak jangka panjang dan menjadi salah satu komponen dalam keberhasilan suatu organisasi. Bahkan hasil penelitian budaya organisasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagaimana organisasi dapat mewakili kekuatan dan kemajuan perusahaan dalam persaingan bisnis yang berkembang pesat. Kata Kunci: Filosofi, Budaya, Budaya Sunda. ABSTRACT This paper aims to find out how the philosophy of Sundanese culture becomes a source of strength for the organizations culture in Masoem Group. This research method is qualitative with case study design. The field data obtained from sources with data collection techniques used were interviews, observation of non-participation and document analysis. The results showed that some philosophy into the direction of the organizations founder Sunda resulting organizational cultural inheritance. This research has a strategic significance for the implementation of the field of organizational communication studies, considering the implications of the values and philosophy in the Group Masoem will impact the long term and be one component in the success of an organization. Even this organizational culture research results are expected to be an inspiration of how any organization can represent the strength and progress of the company in the rapidly growing business competition Keywords: Philosophy, Culture, Sundanese Culture.

Copyrights © 2017