Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 4, No 03 (2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERSEORANGAN DAN KELOMPOK KECIL (PPKK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUAN

Irman, Irman (Unknown)
Jaeng, Maxinus (Unknown)
Karniman, Tegoeh S (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran perseorangan dan kelompok kecil (PPKK) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung bentuk aljabar kelas VIII SMP Negeri 1 Labuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada rancangan penelitian oleh Kemmis dan  Mc. Teggart yang terdiri atas: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan tindakan, dan 4) refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 17 orang, dan dipilih 3 orang siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model PPKK dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Labuan, dengan mengikuti tahap-tahap sebagai berikut: 1) pengantar/pembukaan, 2) informasi, demonstrasi, dan aktivitas perseorangan, 3) informasi, demostrasi, dan aktivitas kelompok, 4) kuis evaluasi dan, 5) penutup.Kata kunci: Model PPKK, aktifitas perseorangan, aktifitas kelompok.

Copyrights © 2017