AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 3 (2016)

PROFIL PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 9 PALU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Rahmi, Rahmi (Unknown)
Paloloang, Baharuddin (Unknown)
Hamid, Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini ialah untuk mendiskripsikan profil pemahaman siswa kelas VII berdasarkan objek-objek matematika dalam menyelesaikan masalah persamaan linear satu variabel. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Palu yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ialah 1) siswa berkemampuan matematika tinggi memahami masalah persamaan linear satu variabel berdasarkan ke empat objek-objek matematika dengan baik yaitu fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan matematika, 2) siswa berkemampuan matematika sedang memahami masalah persamaan linear satu variabel berdasarkan tiga objek-objek matematika dengan baik yaitu fakta, konsep dan prinsip matematika, dan 3) siswa berkemampuan matematika rendah hanya memahami masalah persamaan linear satu variabel berdasarkan satu objek matematika yaitu fakta matematika.Kata Kunci: profil pemahaman masalah, persamaan linear satu variabel, objek-objek matematika

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...