AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 3 (2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMPN 10 PALU

Toangi, Dina Fitriana (Unknown)
Bakri, Bakri (Unknown)
Linawati, Linawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 10 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian yang digunakan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan  Mc. Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran, dan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, data hasil tes awal dan data hasil tes akhir tindakan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan saintifik kemampuan belajar siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel meningkat sesuai kriteria keberhasilan tindakan, dengan mengikuti langkah-langkah pendekatan saintifik, yaitu: 1) pengamatan, 2) pengajuan pertanyaan, 3) penalaran, 4) percobaan, dan 5) pembentukan jejaring.Kata Kunci: pendekatan saintifik; kemampuan; sistem persamaan linear dua variabel

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...