AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 3 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP-IT QURROTA A’YUN PALU

Fadillah, Fadillah (Unknown)
Hasbi, Muh. (Unknown)
Karniman, Tegoeh S (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaranVan Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan garis dan sudut di kelas VII SMP-IT Qurrota A’yun Palu. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP-IT Qurrota A’yun Palu yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengikuti fase-fase: 1) informasi, 2) orientasi terarah, 3) uraian, 4) orientasi bebas, dan 5) integrasi.Kata kunci: model pembelajaran Van Hiele, hasil belajar, hubungan garis dan sudut

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...