Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Oktrisma, Yesni (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini dimotivasi dari hasil belajar fisika siswa yang masih rendah di SMAN 3 Lengayang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode demonstrasi dengan LKS. Jenis penelitiannya adalah percobaan kuasi, dengan rancangan desain kelompok posttest hanya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data hasil belajar melalui tes tertulis untuk domain kognitif. Teknik analisa data menggunakan uji Mann-Whitney. Rata-rata hasil belajar fisika siswa yang diperoleh dalam penelitian ini adalah untuk kelas eksperimen domain kognitif 73,74 dengan kelengkapan klasik 73,53% sedangkan kelas kontrol 64,74 dengan kelengkapan klasik 29,03%. Pada Z_Count = 4,29> Z_table = 0,99997 adalah H_0 ditolak maka uji hipotesis penelitian diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil pembelajaran fisika siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dengan LKS lebih baik daripada menggunakan kelas LKS konvensional XI IPA SMA Negeri 3 Lengayang. Kata kunci: Metode demonstrasi, LKS, domain kognitif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jfres

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JRFES is a media or forum to publish the research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the field of pure physics, it could also be about educational physics such as planning, ...