Jurnal Ilmiah METHONOMI
Vol 4, No 1 (2018)

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN CABANG MEDAN

Elperida Sinurat (Universitas Methodist Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran pelayanan jasa berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan yang berjumlah 465 perusahaan denganĀ  sampel 82 perusahaan. Pengumpulan data dengan metode angket, wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh bahwa produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan pelayanan secara simultan (serempak) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kontribusi variabel produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan pelayanan mampu mempengaruhi variabel kepuasan konsumen sebesar 72.4%, sementara 27.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jimetho

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Methonomi adalah jurnal ilmiah resmi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia untuk menyajikan tulisan ilmiah dari empat konsentrasi ilmu pada program studi manajemen yaitu manajemen keuangan , manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan ...