AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 7, No 2: Desember 2017

PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS ANTARA SISWA YANG BELAJARNYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DENGAN SETING KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BIASA

Roesdiana, Lessa ( Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2017

Abstract

Kemampuan  siswa dalam  memecahkan masalah matematika merupakan aspek yang sangat penting dalam belajar matematika. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan penalaran  matematis siswa diperlukan suatu strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran  agar  hasil  belajar siswa lebih optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan menggunakan pendekatan inkuiri dengan tipe jigsaw.Penelitian ini merupakan  penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Karawang . Dimana instrumen pengujiannya  berupa soal uraian yang memenuhi uji validitas dan reliabilitas yang baik dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari keseluruhan proses dapat disimpulkan bahwa menggunaan tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran biasa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...