AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 7, No 2: Desember 2017

PENGARUH IKLIM KELAS, SIKAP SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA PALU

Hajerina, Hajerina ( Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNISA,)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh iklim kelas matematika terhadap hasil belajar matematika  siswa kelas VIII SMP Negeri di kota Palu.Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Palu tahun pelajaran 2013/2014 yang diambil dengan menggunakan tehnik two-stage proporsional stratified random sampling yang berjumlah 198 siswa. Instrumen yang digunakan: (1) skala iklim kelas matematika, (2) skala sikap terhadap matematika, (3) skala motivasi belajar matematika, (4) tes hasil belajar matematika kelas VIII. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis jalur (path anlysis). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Iklim kelas matematika berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sikap siswa dan motivasi belajar siswa dengan besar pengaruh masing – masing 0,16 dan 0,20.  

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...