Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 35, No 1 (2018): April 2018

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013

Azizah, Mira (Unknown)
Sulianto, Joko (Unknown)
Cintang, Nyai (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2018

Abstract

Pembelajaran Matematika tidak hanya sekadar mengajarkan konsep-konsep Matematika dan menuntut siswa hanya menjawab pertanyaan dengan benar, namun perlu mendorong siswa untuk mampu berpikir kritis. Berpikir kritis dalam pembelajaran Matematika diperlukan sebagai proses dalam pemecahan masalah. Kurikulum 2013 memfasilitasi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar yang menjadi pilot project Kurikulum 2013 di Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa secara kualitatif berdasarkan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif berdasarkan indikator berpikir kritis yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa terbagi menjadi empat kategori, yaitu siswa yang termasuk kategori sangat kritis 42,2%; kritis 44,3%; tidak kritis 10,3%; dan sangat tidak kritis 3%. Simpulan dalam penelitian ini adalah mayoritas siswa sekolah dasar pilot project di Kota Semarang sudah mampu berpikir kritis dalam pembelajaran Matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...