AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 3 (2016)

PENERAPAN LANGKAH-LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DIKELAS VII SMP NEGERI 2 SIGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSEGI PANJANG

Wahyuni, Sri (Unknown)
Tandiayuk, Marinus B (Unknown)
Hamid, Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan penerapan langkah-langkah Polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita persegi panjang di kelas VII SMP Negeri 2 Sigi. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIISMP Negeri 2 Sigi. Subjek  penelitian ini sebanyak 26 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menerapkan pendekatan pemecahan masalah model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan persegi panjang dimana dalam model ini mengajukan empat langkah yang harus dilakukan guna memudahkan siswa agar  lebih terarah dalam menyelesaiakan masalah matematika, yaitu 1) memahami masalah, 2) membuat perencanaan, 3) melaksanakan perencanaan, dan 4) melihat kembali pada solusi yang lengkap.Kata kunci: Langkah Polya, Hasil Belajar, Soal Cerita, Persegi Panjang.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...