Permasalahan dalam penelitian ini adalah âApakah prestasi belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui Metode Resitasi pada mata pelajaran PKn di Kelas 2 SDN Inpres Bolonan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan?  Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatan prestasi belajar peserta didik melalui Metode Resitasi pada mata pelajaran PKn di Kelas 2 SDN Inpres Bolonan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Inpres Bolonan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 sebanyak 8 orang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu: Observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Guru memberikan tugas kepada murid; (2) Pelajar mempelajari atau mengerjakan tugas; (3) Pelajar mempertanggungjawabkan atau melaporkan hasil usahanya, mempelajari atau mengerjakan tugas; (4) guru atau guru bersama pelajar menilai hasil- hasil yang telah dicapai; (5) Pelajar atau pelajar bersama guru mengecek kebenaran atau kesalahan tertentu (dari sumber asil) atau mengulang mempelajari atau mengerjakan tugas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi dalam pembelajaran PKn di Kelas 2 SDN Inpres Bolonan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan pencapaian KKM yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I mencapai 25% dan pada siklus II mencapai 87,5%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 2 SDN Inpres Bolonan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan.   Kata Kunci: Prestasi Belajar; Metode Resitasi 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017