Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 8 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SLBN 1 Palu pada Materi Mengenal Pecahan dengan Menggunakan Kertas Lipat

Rohani, Rohani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penggunaan alat peraga kertas lipat pada materi mengenal pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SLBN 1 Palu tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SLBN 1 Palu yang berjumlah 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari data hasil observasi guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kertas lipat pada materi mengenal pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 9 orang siswa (64%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang (36%). Pada siklus II, jumlah siswa yang dinyatakan tuntas mengalami peningkatan yaitu sebanyak 12 orang siswa dengan persentase sebesar 86% dan 2 orang siswa dinyatakan belum tuntas dengan persentase sebesar 14%.

Copyrights © 2016