Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 7 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Dalam Menyimak Berita Melalui Model Pembelajaraan Kooperatif Script Kelas VI SDN Inpres 1 Tatura

Zahra, Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar siswa kelas VI SDN Inpres 1 Tatura pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi Menyimak berita. Aspek menyimak dalam analisis hasil tes rendah dan belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  dan aktivitas siswa kelas VI dalam pembelajaran menyimak berita melalui model pembelajaran kooperatif script siswa SDN Inpres 1 Tatura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action researh), yang berlangsung selama dua siklus. Alur penelitian dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.  Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes dan pengamatan. Data dianalisis dengan melihat ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 75% siswa mendapat skor ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa model pembelajaran kooperatif script dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas dalam pembelajaran menyimak berita. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan rata-rata hasil tes siklus 1 diketahui  78,8 dan hasil tes siklus 2 rata-rata 8,34. Ditinjau dari pencapaian ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 diperoleh 86,66% dan siklus 2 diperoleh 90%. Begitu juga dengan hasil aktivitas menyimak siswa tercapai 50% siklus 1 dan 91% pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif script dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas menyimak siswa di kelas.   Kata kunci : Hasil belajar dan Aktivitas siswa, pembelajaran menyimak berita, model pembelajaran kooperatif script.

Copyrights © 2016